Laman

Selasa, 14 Mei 2013

Teknologi Komunikasi


Pengertian Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memperoses dan saling tukar informasi dengan individu-individu lainnya (Rogers,1986:2). Ini menyiratkan, pertama, teknologi komunikasi adalah alat. Kedua, teknologi komunikasi dilahirkan oleh sebuah struktur ekonomi, sosial dan politik. Ketiga, teknologi komunikasi membawa nilai-nilai yang berasal dari struktur ekonomi, sosial dan politik tertentu. Keempat, teknologi komunikasi meningkatkan kemampuan indera manusia, terutama kemampuan mendengar dan melihat. Keempat aspek teknologi komunikasi ini menjadi kriteria dalam menilai apakah sebuah alat (hardware) merupakan teknologi komunikasi atau tidak. Jika keempat kriteria ini tidak dimiliki oleh sebuat alat (hardware), maka ia tidak bisa dikatakan sebagai sebuah teknologi komunikasi.                                                                Contoh telepon seluler (ponsel). Ponsel adalah sebuah alat. Ponsel dilahirkan dari stuktur ekonomi kapitalis dan struktur sosial liberal. Ponsel membawa nilai liberal, semua orang yang mempunyai ponsel bebas menghubungi siapa saja, mereka dididik untuk tidak memiliki kendala psikologis untuk bicara kepada siapa saja. Ponsel juga meningkatkan indera dengar orang yang memakainya. Maka ponsel memenuhi semua aspek yang disyaratkan teknologi komunikasi. Dengan kata lain, ponsel sah sebagai teknologi komunikasi.      

Beda Teknologi Komunikasi dan Teknologi Informasi

Bila dilihat dengan seksama, sebenarnya teknologi komunikasi berkaitan erat dengan informasi. Ada teknologi komunikasi yang berfungsi menyalurkan informasi. Ada juga teknologi komunikasi yang berfungsi mengalah informasi. Tetapi, ada pula teknologi komunikasi yang berfungsi sebagai pengolah dan penyimpan informasi. Maka banyak orang yang menyebut teknologi komunikasi sebagai teknologi informasi. Tetapi, bertolak dari pengertian teknologi informasi yang ditulis Richard Weiner, dalam Webster’s New World Dictionary of Media and Communications yang menyebutkan bahwa teknologi informasi adalah pemrosesan, pengolahan dan penyebaran data oleh kombinasi computer dan telekomunikasi (1996:303), maka teknologi informasi lebih merupakan pengerjaan terhadap data. Teknologi komunikasi menitik beratkan perhatiannya pada bagaimana data ditungkangi dengan menggunakan komputer dan telekomunikasi.  Disini dilihat perbedaan mendasar antara teknologi komunikasi dan teknologi informasi. Bila teknologi komunikasi merupakan alat yang menambah kemampuan orang berkomunikasi, maka teknologi informasi adalah pengerjaan data oleh computer dan telekomunikasi. Ini berarti, teknologi komunikasi memiliki perbedaan dalam titik berat perhatian. Kenyataan inilah, barangkali yang mendorong seorang ahli komunikasi Andre Hardjana, menggunakan istilah “teknologi informasi dan komunikasi” (2000:81).                                                                                   
Teknologi komunikasi bisa berkembang dengan cepat karena bantuan teknologi elektronika. Dengan teknologi elektronika, proses komunikasi tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Teknologi elektronika ini kemudian membentuk prinsip dasar teknologi komunikasi. Berikut adalah beberapa prinsip dasar teknologi komunikasi: 1. Objek bisa diubah menjadi gambar melalui pendekatan lensa. 2. Gambar proyeksi bisa diubah menjadi gelombang elektromagnetik melalui pendekatan fotosel (scanning device). 3. Suara bisa juga diubah menjadi sinyal listrik melalui pendekatan  microphone. 4. Sinyal listrik yang bermuatan gambar proyeksi dan suara dipancarkan melalui kabel. Melalui jasa satelit komunikasi, sinyal listrik bisa dikirim kemana saja dimuka bumi, bahkan keruang angkasa sekalipun. 5. Sinyal diterima sistem antenna dan masuk kealat yang bisa mengubah sinyal menjadi gambar proyeksi kembali. Gambar ini bisa dilihat dilayar monitor, digandakan dan dicetak dicetak (Ishadi dan Wahyudi, 1994:47).                                                                                 
Dari sisi khalayak, teknologi komunikasi digunakan untuk mencari, mengolah, membagi, menyimpan, membandingkan, memutakhirkan informasi. Tidak heran bila teknologi komunikasi menjadi sentral dalam proses komunikasi.

Hakikat Teknologi Komunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar